Wednesday, November 25, 2009

Siapa Yahudi No 1 Amerika?

Siapa Yahudi paling terkemuka di Amerika sekarang ini? Tidak akan sulit menebak empat dari orang Yahudi yang diundang untuk makan malam bersama Presiden AS, Barack Obama, dijadualkan tadi malam.

Paling jelas di antaranya ialah Ari Emanuel, saudara Rahm Emanuel ketua staf Obama. Sedangkan tiga lainnya, untuk semua orang Yahudi Hollywood, Steven Spielberg mungkin adalah yang paling terkenal; Jeffrey Katzenberg dan David Geffen, yang mempunyai perkiraan kekayaan sekitar $ 4.6 billion, menurut Wikipedia, yang telah digunakan untuk menjadi salah satu dermawan terbesar Hollywood.

Makan malam itu rencananya untuk menghormati Dr Manmohan Singh, Perdana Menteri India dan Ms Gursharan Kaur. Yahudi lainnya yang diundang adalah adalah Direktur Sony Pictures Michael Lynton dan istrinya, Jamie. Gayle King akan hadir, bersama dengan Jeff Immelt, sutradara M. Night Shyamalan, Alfre Woodard dan Blair E. Underwood.

Nikki Finke yang pertama kali melaporkan berita ini, menyebutkan beberapa analisis di balik daftar tamu tersebut: makan malam pertama ini adalah ucapan terima kasih terutama kepada para pendukung penting politik Obama.

Spielberg adalah pendukung Hillary Clinton selama bulan-bulan pertama kempen, namun kemudian diam-diam memberikan dukungan kepada Obama setelah menjadi pemenang.

Geffen adalah pendukung Obama sejak awal. Katzenberg adalah pengumpul dana setia. Dia dan Geffen dianggap sebagai pemberi dana terbesar Obama dari Hollywood selama kampanye. Lynton adalah pendukung lawas Obama terutama kerana pengaruh isterinya, keluarga Jamie yang memiliki koneksi politik kepada obama. Ibunya, Joanne Alter, adalah wanita pertama yang terpilih sebagai pejabat Demokrat pertama di Cook County. Jadi tidak heran jika kemudian Lynton menjadi tumpuan pertama dalam acara penggalangan dana awal ketika Obama masih menjadi senat di tahun 2004. (sa/hollywoodjews)

sumber

No comments: