Friday, December 4, 2009

Hebatnya Harta Sultan BRUNEI

Siapa yang tak ingin kaya? Dan inilah salah satu orang terkaya di dunia. Dan kebetulan dia adalah seorang Islam.

Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei, siapa tak kenal? Baginda ialah presiden dari negeri paling kaya di dunia. Terkenal, dan kaya bangeed kale (begitu bahasa anak-anak muda sekarang).

Semua yang dia kenakan dan gunakan terbuat dari emas, atau paling tidak, ada unsur emasnya. Misalnya saja, tempat makannya. Atau baju-bajunya.

Istana sang sultan sangat besar dan megah. Mungkin yang paling mewah di dunia. Terdiri dari 1788 bilik dengan semuanya dilapisi emas dan permata.

Ada 257 kamar mandi—juga masih dengan emas dan perak. Istana Sultan juga mempunyai 650 kamar suite, yang harga furnish-nya masing-masing kamar tidak kurang dari 150.000 euro.

Jadi kalau kita kebetulan bertamu ke istananya, kita akan memerlukan waktu 24 jam sehari-semalam hanya untuk berada di satu ruangan selama 30 detik. Bingung mungkin ya?

Dan garaj yang menyimpan 110 kereta. Sultan Hassanal Bolkiah memang gemar mengumpul kereta sebagai koleksi. Pada tahun 1998, Autocar—majalah kereta Britain—mempublikasikan kereta-kereta Sultan.

Ada Ferrari dan Bentley.

Ia juga sudah masuk buku Guiness World Record atas koleksi keretamobil Rolls-Royce nya yang berjumlah…. 500 buah, yang tersebar di beberapa negara.

Pesawat terbang Sultan Hassanal Bolkiah merupakan salah satu pesawat yang paling mewah juga. Jangan lupa, betul, dilapisi emas! Pesawatnya, di dalamnya, seperti istana pula, berharga lebih dari $120 ribu dollar. Ada kolam renang—dan eh, lagi-lagi dilapisi emas. Sultan juga punya enam pesawat lain yang “kecil” dan dua helikopter.

Ketika anak gadisnya menikah, pestanya berlangsung selama 14 hari 14 malam, dengan menghabiskan biaya $ 5 juta dollar.

Pernikahan itu dihadiri oleh lebih dari 25 ketua negara dan anggota keluarganya.

Ambooi, Sultan..... (sa/berbagaisumber)

sumber

No comments: