Tuesday, April 16, 2013

USA - Bom Boston Dipercayai Bom Paip

Redaksi – Selasa, 5 Jumadil Akhir 1434 H / 16 April 2013 16:39 WIB
Pelaku serangan bom Boston dipercayai menggunakan bom paip. Hal itu terungkap setelah pakar bom Amerika Syarikat (AS) Fred Burton memeriksa rakaman ledakan.

Burton menyatakan, asap ledakan dalam serangan bom Boston sangat mirip dengan asap ledakan yang ditimbulkan oleh bom paip. Dia juga menduga bom paip itu berisi bubuk mesiu berkekuatan tinggi,
“Tidak susah untuk membuat bom paip, namun untuk membuatnya berfungsi perlukan latihan beberapa kali,” ujar Burton, seperti dikutip US News, Selasa (16/4/2013).

Burton adalah mantan agen sulit yang bertugas menjaga keamanan kedutaan milik Pemerintah AS di luar negeri. Dia pernah membantu aparat menyelidiki peritiwa pengeboman bangunan WTC tahun 1993 silam.

“Pelaku bom sangat pintar memilih sasaran. Lomba maraton itu dihadiri banyak orang, kekacauan besar pasti terjadi saat bom meledak,” terang Burton.

Hingga kini belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan bom tersebut. Pihak kepolisian sendiri masih mencari petunjuk yang dapat mengarahkan mereka ke pelaku serangan.

sumber

No comments: