Wednesday, June 12, 2013

Paus Akui Jaringan Paderi Gay di Vatican


uskup uskupPaus akhirnya mengakui kewujudan jaringan paderi gay di Vatican, kata laporan yang diterbitkan pada Selasa lalu.
Menurut informasi yang bocor dari bicara peribadi Paus dengan para pemimpin Katolik pada Konferens Amerika Latin Agama (Clar), ketika Paus Francis ditanya tentang siapa yang bertanggung jawab atas Kuria Romawi, website LiberaciĆ³n Chili  melaporkan.
Menurut laman tersebut, Paus Argentina berbicara dalam bukunya dalam bahasa Sepanyol , mengatakan, tugas ini sulit bagi Paus Francis kerana, di samping Vatican ada “orang suci”, ada juga “aliran korupsi”. Dia kemudian menambahkan, ,” ada ‘Lobi paderi gay ‘ juga disebutkan, dan memang benar, itu ada … Kita perlu melihat apa yang boleh kita lakukan.”
Dia kemudian menegaskan pemimpinnya telah menulis sinopsis pernyataan Paus dan mengatakan Paus sangat tertekan kerana dokumen tersebut telah diterbitkan.
Jurucakap Vatikan Federico Lombardi mengatakan dia tidak punya komentar untuk membuat pernyataan terkait dengan  ”pembicaraan peribadi” tersebut.
Pada teks berikutnya dalam dokumen tersebut, ada sejumlah besar paderi gay dan sangat berpengaruh dalam Vatican.
Spekulasi memuncak di bulan Februari  lalu ketika Benedict XVI mengundurkan diri, akhbar Italia La Repubblica mendakwa bahwa Paus Benedict telah memutuskan untuk berundur setelah menerima berkas penyelidikan skandal Vatileaks yang berisi perincian jaringan paderi gay. (Guardian/Dz)

No comments: