Sunday, July 7, 2013

Ikhwan : Baradei ialah Pilihan Washington

Mohamed ElBaradei belum rasmi diangkat sebagai perdana menteri, setelah beberapa sumber rasmi mengatakan mantan ketua badan pengawas nuklear PBB  telah dipilih Perdana Menteri.
“Memang Presiden Adly Mansour hari ini bertemu dengan Dr ElBaradei tapi sejauh ini belum ada pemilihan rasmi,” kata Ahmed al-Muslimani kepada wartawan. ”
Dia menambahkan, bagaimanapun, bahawa ElBaradei adalah “pilihan yang logis” di antara daftar nama yang dipertimbangkan pasca pemecatan Mohamed Mursi oleh militer.
Partai An Nour dari kelompok Salafi Mesir menolak ElBaradei sebagai perdana menteri.
Seorang pegawai tinggi oposisi, Munir Fakhry Abdelnur, mengatakan kepada Associated Press bahwa kelompok Salafi Partai An Nour keberatan dengan penunjukan ElBardei dan mediasi saat ini sedang berlangsung.
Partai Nour, kekuatan Islam terbesar kedua Mesir, menyatakan penolakannya atas ElBaradei dan mengancam untuk menarik dukungan terhadap penggulingan militer  kepada Presiden Mursi pada hari Rabu, yang merupakan pencetus kerusuhan berdarah.
Kehilangan dukungan Partai An Nour secara signifikan akan melemahkan posisi militer, dan akan menghilangkan adanya dukungan kalangan Islam dari proses transisi.
Ikhwanul Muslimin, kekuatan Islam yang dominan di negara yang paling padat penduduknya di dunia Arab, menyerukan demonstrasi protes lebih lanjut pada hari Ahad.
Puluhan ribu pendukung Ikhwanul turun ke jalan untuk memprotes apa yang mereka sebut rampasan kuasa militer, dan pertempuran antara mereka dengan  pasukan keamanan dan pengunjuk rasa anti-Mursi telah mengorbankan lebih dari 30 orang .
Ketika ada berita bahwa ElBaradei akan menjadi calon Perdana Menteri, seorang pejabat tinggi Ikhwan akan menolak pencalonannya dan langkah-langkah apapun yang diterapkan oleh pemerintah yang didukung militer.
Dia menggambarkan ElBaradei sebagai “pilihan Washington,” , dan ini kecurigaan ikhwan atas keterlibatan AS dalam rampasna kuasa ke atas Mursi.  sumber

No comments: