Thursday, July 18, 2013

Krisis Makana di PALESTIN Akibat Kudeta MESIR

Pasca penututupan akses gerbang Perlintasan Rafah di wilayah Sinai Utara, kini giliran terowongan bawah tanah yang menghubungkan wilayah Jalur Gaza dengan Mesir di tutup pasukan militer Mesir.
Pasukan militer Mesir menjaga ketat proses penutupan terowongan berlangsung di beberapa titik lokasi , terlihat beberapa kenderaan berpesiai bersiaga di sekitar lokasi penutupan.
Pihak militer Mesir beralasan bahwa penutupan ini untuk mencegah serangan kelompok bersenjata ke pos-pos militer di wilayah Sinai Utara, seperti yang terjadi dalam beberapa hari lepas yang menyebabkan sekurang-kurangnya 2 tentera Mesir tewas.
Menurut Direktur Pusat Kajian Studi Politik dan Strategi, Mantan Mejar Jeneral Samih Saif Yazal, “kelangkaan bahan bakar yang terjadi beberapa waktu terakhir disebabkan penyeludupan bahan bakar minyak melalui terowongan bawah tanah ke wilayah Jalur Gaza.”
Terowongan bawah tanah menjadi satu-satunya akses bagi warga Palestin untuk memenuhi barang-barang keperluan harian setelah gerbang Perlintasan Rafah ditutup pihak militer Mesir.
Harga barang-barang keperluan pokok di Jalur Gaza kini merangkak naik tak terkendalai, ini akibat tidak adanya pasokan barang dari Mesir. sumber

No comments: