Wednesday, July 10, 2013

MESIR - Calon Presiden dan Perdana Menteri

Selasa, Presiden sementara Mesir , Mansour  memilih mantan Menteri Kewangan Hazem el-Beblawi sebagai Perdana Menteri dan mantan pengawas nuklear  internasional Mohamed ElBaradei sebagai wakil presiden.
Penasihat Presiden, Ahmed el-Musalamani membuat mengumumkan pada  Selasa setelah kebuntuan politik atas posisi perdana menteri.
Minggu lalu, ElBaradei berada di katakan calon terkuat untuk perdana menteri, tapi pada minit terakhir sebuah partai An Nour yang terlibat dalam legalisasi rampasan kuasa militer , menolak atas tpemilihan  ElBaradei, Associated Press melaporkan.
El Beblawi, yang berusia  70-an, pernah memegang sebagai menteri kewangan pada era akhir kekuasaan Mubarak.
Dia mengundurkan diri sebagai protes pada bulan Oktober 2011 setelah 26 penunjuk perasaan yang sebagian besar orang Kristian, dibunuh oleh tentera dan pasukan keamanan Mesir dalam aksi tindakan keras terhadap para pendemo di tahun 2011 tersebut.
Partai An Nour, yang telah sebelumnya keberatan dengan beberapa calon yang diajukan oleh pemerintah sementara yang didukung militer, kini mengatakan akan mendukung penunjukan Beblawi itu sebagai Perdana Menteri Mesir.
Sedangkan terkait dengan penunjukkan El Baredei sebagai Wakil Presiden Mesir , Ketua Partai An Nour mengatakan  masih mengkajinya, menurut Reuters. SUMBER

No comments: