Saturday, July 13, 2013

MESIR - Ikhwan Terus Memprotes Secara Aman

Puluhan ribu pendukung presiden Mohammad Mursi berkumpul pada hari Jumaat di Mesir, berjanji untuk terus berjuang untuk kembalinya Mursi.
Para penunjuk perasaan datang dari seluruh negeri berkumpul di luar halaman Masjid Rabaa al-Adawiya di lingkungan Kota Nasr di Kaherah, bersumpah setia kepada Mursi dan mengecam tentera, sambil memegang bendera Mesir dan Al Quran.
Sementara itu, Presiden sementara Mansour Mesir Adly, bersama dengan  Imam Al-Azhar, menawarkan “rekonsiliasi nasional.”
Seorang jurucakap presiden mengatakan Ikhwanul Muslimin akan ditawarkan posisi di kabinet Mesir,pemerintahan  Perdana Menteri Hazem el-Beblawi , seorang pegawai pemerintah mengatakan kepada pejabat berita Mesir , menurut The Associated Press.
“Kami akan terus melawan. Kami akan tinggal satu atau dua bulan, atau bahkan satu atau dua tahun. Kami tidak akan meninggalkan tempat ini sampai presiden kita, Mohammad Mursi, datang kembali, “Safwat Hegazi, seorang ulama yang berpengaruh mengatakan pada pertemuan itu, menurut AFP.
Hegazi menuntut Mursi diaktifkan kembali, bahwa pemilihan parlimen segera diadakan dan membentuk sebuah komite untuk mengawasi rancangan rekonsiliasi nasional.
Ribuan penyokong juga berkumpul di luar Universitas Kaherah, diawasi oleh pasukan keamanan.
Pasukan militer bertahan di posisi sekitar satu kilometer jauhnya dari para penunjuk perasaan untuk menghindari konfrontasi langsung, menurut The Associated Press.
Meskipun didera protes, pemerintah sementara Mesir terus memulai pemerintahan barunya dengan dukungan sumbangan belasan billion US Dollar dari negara-negara Teluk untuk mengukuhkan perekonomian.
Uni Emirat Arab, Kuwait dan Arab Saudi telah memberikan bantuan $ 12 billion  pasca Mursi digulingkan.
Ikhwanul Muslimin saat ini dalam tekanan di negeri ini, dengan banyak pemimpin mereka ditangkap setelah penggulingan presiden Mursi digulingkan pada tanggal 3 Juali. Ikhwan dan pendukungnya menganggap hal itu sebagai rampasan kuasa oleh tentera.(Arby/Dz) sumber

No comments: