Thursday, July 11, 2013

PALESTIN - PerjuanganHamas Alami Kesulitan Apabila Mursi Jatuh

Gerakan Pejuang Palestin Hamas, yang mengaku sebagai cabang dari gerakan Ikhwanul Muslimin Mesir, telah mendapat kelebihan dari pergolakan politik yang menggoncang Asia Barat dan Afrika Utara dalam dua tahun terakhir, di mana ikhwanul Muslimin  sebagai induk gerakannya menguasai peta perpolitikan pasca pemberontakan musim semi Arab.
Namun, Hamas, yang menguasai Jalur Gaza yang berbatasan dengan Mesir, sangat dipengaruhi oleh pergeseran kekuasaan di negara tetangganya itu.
Mursi telah berulang kali menerima kedatangan para pemimpin Hamas di Kaherah selama satu tahun terakhir, dan membuka gerbang Rafah di perbatasan antara Mesir dan Jalur Gaza.
Tetapi pada awal bulan ini, setelah rampasna kuasa tentera, pasukan keamanan Mesir memperketat perbatasan dan menghancurkan terowong-terowong yang menuju Gaza atau sebaliknya ,  dan pihak tentera juga menutup perbatasan Rafah.
Para pemerhati mengatakan perubahan yang sedang berlangsung di Mesir ini tidak akan menguntungkan kepentingan Hamas atau Jalur Gaza dalam beberapa hari akan datang. sumber

No comments: