Friday, September 20, 2013

IRAN Tidak Benci Yahudi

Seorang Yahudi  anggota Parlimen Iran akan menemani Presiden Hassan Rouhani  melakukan perjalanan ke New York minggu depan untuk menghadiri sidang umum PBB .
Siamak Moreh Sedgh , yang mewakili komuniti Yahudi Iran di dalam  parlimen negara itu , akan mencuba untuk membantu Rouhani merubah citra republik Islam di panggung dunia setelah lapan tahun sebelumnya dibawah Presiden Mahmoud Ahmadinejad , yang mengeluarkan pernyataan kontroversial tentang Holocaust .
Langkah ini dilakukan setelah Rouhani berjanji untuk bekerja untuk meningkatkan hak-hak rakyat bagi minoritas Iran-Yahudi dan memberikan peranan yang lebih besar bagi mereka di pemerintahan ketika dia dilantik  pada bulan Juni .
Sedgh , adalah satu-satunya anggota parlimen yang bepergian dengan Rouhani untuk PBB .  Setelah revolusi konstitusional , yang berlangsung antara 1905-1907 , Yahudi Iran diberikan kerusi di parlemen. .
Setelah penggantian Ahmadinejad dari kekuasaan , Rouhani tampaknya  berinisiatif untuk memberitahu dunia bahwa Iran , tidak membenci Yahudi . Bahkan akaun Twitter Rouhani baru-baru ini mengejutkan banyak pihak dengan posting menyatakan selamat atas tahun baru Yahudi . dan kemudian Menteri Luar Negeri Iran , Mohammad Javad Zarif , mengikuti jejak Rouhani untuk mengucapkan selamat atas acara tahun baru  Yahudi tersebut.
” Bangsa Yahudi adalah minoriti yang diakui di Iran dan memiliki perwakilan yang aktif di parlimen , ” kata Zarif dalam tweet-nya pada awal September , menurut Teheran Times.
” Kami tidak pernah melawan orang-orang Yahudi . Kami menentang Zionis yang merupakan  kelompok kecil di Bangsa Yahudi , ” katanya . ” Kami tidak mengizinkan kaum Zionis untuk menyatakan  Iran sebagai negara anti – Semit dalam propaganda mereka sehingga mereka dapat menutupi jenayah mereka terhadap rakyat Palestin dan Lebanon . ”
Iran diyakini memiliki populasi Yahudi terbesar di Timur Tengah setelah Israel . Populasi Yahudi di negara itu menurun setelah revolusi Syiah 1979 karena banyak anggotanya beremigrasi ke Israel atau negara-negara lain di seluruh dunia .
Yahudi rasmi yang diakui agama minoriti yang terwakili dalam parlimen Iran . Seperti Yahudi, Zoroastrianisme juga memiliki kerusi di parlemen, begitu juga Kristian , terutama karena populasi mereka lebih besar . (Guardan/Dz) sumber

No comments: