Wednesday, December 4, 2013

Penghidap AIDS di Timur Tengah Meningkat 100 Peratus

Jumlah angka statistik penderita sindrom yang menyerang imun tubuh manusia ‘HIVAIDS’ di negara-negara arab menunjukan kenaikan 100% dibandingkan tahun 2001 lalu, jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat.
Para pengamat kesehatan di Timur Tengah mengkritik sikap pemerintahan Arab yang cenderung mengabaikan penyebaran virus membawa maut ini, menurut mereka pemerintahan Arab masih percaya terhadap norma-norma sosial konservatif dalam masyarakat Arab mampu mencegah tingkat penularan virus HIV AIDS.
Mereka meminta pemerintahan di dunia Arab untuk segera memerangi penyebaran penyakit ini, yang dapat menjadi wabah mematikan di masa mendatang seperti yang terjadi di banyak negara-negara Afrika bahagian selatan.
Tercatat jumlah penderita HIV AIDS di dunia ini mencapai 35 juta orang pada tahun 2011, setengah dari mereka adalah wanita dan sepersepuluh dari jumlah tersebut anak-anak.
Pada tahun 2012, sebanyak  2.3 juta orang dilaporkan terjangkit virus HIV AIDS, sedangkan sebanyak 1,6 juta orang meninggal akibat virus tersebut. Sebanyak setengah penderita AIDS di dunia Arab adalah wanita. (Aljazeera/lndk)
Berikut beberapa fakta mengenai AIDS di wilayah Timur Tengah:
  1. Diperkirakan penderita virus HIV AIDS di dunia Arab mencapai 250 ribu jiwa.
  2. Dua puluh ribu orang diantaranya adalah kanak-kanak di bawah usia 15 tahun .
  3. Setiap tahun terdapat lebih dari 32 ribu orang terjangkit virus mematikan ini.
  4. Sebanyak 3000 orang anak-anak terjangkit penyakit ini di tahun 2013
  5. Prevalensi penyakit ini di dunia Arab antara orang dewasa adalah 1:1000
  6. Sebanyak 17 ribu orang meninggal akibat penyakit ini, 1800 diantaranya adalah anak-anak. sumber

No comments: