Friday, February 7, 2014

PALESTIN - Yahudi Ortodhok Bantah Pemerintah Israel

Ribuan warga Yahudi ultra-Ortodoks mengadakan tunjuk perasan di kota Jerusalem dan beberapa kota lainnya menentang tindakan "wajib militer" yang diterapkan oleh pemerintah terhadap seluruh warga Israel.

Seperti disiarkan Jerusalem Post dalam lamannya, “kelompok warga Yahudi menuntut penghapusan wajib militer dan menolak mengkompromi hal trsebut dengan pemerintah Israel.’

Sekurang-kurangnya 35 pendemo ditangkap pihak berkuasa Israel setelah terlibat dalam pergaduhan dengan pasukan keamanan pada hari Khamis (06/02). Dua polis dilaporkan cedera kerana terkena lemparan batu dari para demonstran yang bertindak anarkis.

Akibat demo tersebut sejumlah jalan utama yang menghubungkan kota Jerusalem dengan kota-kota lainnya ditutup sementara oleh para demonstran. Di kota Ashdod sebuah kereta polis dilaporkan dibakar para penunjuk perasaan.

Demonstrasi ini memprotes keputusan Mahkamah Agung Israel yang mewajibkan kelompok ultraOrtodoks Yahudi untuk ikut wajib militer setelah sebelumnya dihapuskan selama beberapa dekad terakhir. (Almasry/Ram) sumber

No comments: