Tuesday, February 4, 2014

SAUDI Akan Hukum Rakyatnya yg Berjuang ke SYRIA

Raja Abdullah Bin Abdulaziz dari Arab Saudi pada hari Isnin memerintahkan hukuman bagi warganya  yang terlibat pertempuran dalam konflik di luar kerajaan dengan hukuman penjara  antara tiga sampai 20 tahun .

Anggota kelompok ekstremis agama dan siapa saja yang terbukti bersalah memberikan ” dukungan kewangan atau moral ” bagi ‘kelompok-kelompok teroris’ juga akan dikenakan hukuman berat , menurut pernyataan Royal Court yang disiar  oleh pejabat Berita Negara ( SPA ).

Kementerian dalam negeri Kerajaan Saudi  , Kementerian  luar negeri dan Kementerian keadilan telah membentuk sebuah komite bersama untuk menyiapkan daftar kelompok-kelompok ekstremis yang akan dipantau.

Keputusan itu muncul setelah undang-undang anti-terorisme mulai berlaku di Kerajaan Saudi pada hari Ahad lalu .

Didorong  oleh ulama  berpengaruh , banyak kaum muda Saudi telah bergabung dengan pejuang  Syria dan kelompok-kelompok Islam melawan Presiden Bashar al – Assad .

Seorang pakar Saudi terkait gerakan Islam mengatakan bahawa diperkirakan 600 pemuda Saudi telah bergabung dengan kelompok al- Qaeda yang berafiliasi di Syria .

Faris Bin Hizam mengatakan banyak orang Saudi yang berjuang di jajaran afiliasi al- Qaeda : Negara Islam di Irak dan Levant ( ISIL ) dan front al- Nusra . sumber

No comments: