Sunday, March 30, 2014

MESIR - Setelah 49 Hari Ditutup. Gerbang Rafah Dibuka 3 Hari


rafahPihak berkuasa Mesir pada hari Sabtu pagi telah membuka perbatasan Rafah di dua arah,  namun hanya untuk  yang terkait dengan perjalanan kemanusiaan saja.

Sebelumnya pihak berkuasa Mesir telah menutup penyeberangan sejak 49 hari lalu, di tengah memburuknya  krisis perjalanan di kedua pihak perbatasan.

Mahir Abu Sabha – pengarah lembaga penyeberangan dan perbatasan dalam pemerintahan Gaza –pihak Mesir telah memberitahu mereka bahawa perbatasan Rafah akan dibuka  selama tiga hari mulai Sabtu Pagi hingga Lusa malam, namun itu untuk yang terkait dengan perjalanan untuk bantuan kemanusiaan saja.

Abu Sabha menjelaskan bahawa pihak berkuasa Mesir telah memperbolehkan lima bas yang membawa sekitar 270 penumpang untuk menyeberangi perbatasan, dan menurutnya ini adalah kemajuan dalam saling kepahaman dan komunikasi dengan pihak Mesir .

Pihak berkuasa Mesir menutup perbatasan rafah yang menghubungkan Jalur Gaza dan Mesir, hampir seluruhnya dan membukanya hanya untuk perjalanan yang terkait dengan bantuan kemanusiaan. Hal tersebut terjadi sejak kudeta tentera Mesir terhadap Presiden Muhammad Mursi pada bulan Juali tahun lalu. (hr/im) sumber

No comments: