Wednesday, April 23, 2014

PBB Kutuk Penggunaan Senjata Kimia di SYRIA

Pasca mendapat kutukan keras dari lembaga dan masyarakatantarabangsa  akibat menggunakan senjata kimia dalam perang, kini tentera pemerintah kembali menggunakan bom beracun di sejumlah tempat di Syria.

Dalam laporan yang disajikan PBB hari Selasa (22/04) kelmarin menyatakan keprihatinan tentang adanya dugaan penggunaan gas klorin dalam serangan terhadap warga awam di pedesaan Kafr Zeta provinsi Hama, Syria.

Jurucakap Sekretaris Jeneral PBB Estefan Dogrk mengatakan padasidang media  hari Selasa , “hingga kini kami sedang melakukan hubungan dengan para pegawaiOrganisasi Pelarangan Senjata Kimia mengenai laporan tersebut. Kami akan segera melakukan penyelidikan segera mengenai berita tersebut.”

Gas klorin (chlorine gas) adalah seyawa yang umum digunakan dalam industri, gas ini bersifat sangat beracun dan pernah digunakan selama Perang Dunia I.

Gas ini sangat reaktif dengan air yang terdapat di selaput lendir paru-paru dan mata, reaksi yang terjadi akan menghasilkan asam klorida dan asam hipoklorit yang menvetuskan iritasi pada mata dan paru-paru serta mencetuskan korosi pada jaringan.

Belum ada penawar bagi gas ini sehingga pengobatan segera menjadi kuncinya untuk menyelamatkan penderita. (Rassd/Ram) sumber

No comments: