Tuesday, April 22, 2014

TURKI dan QATAR Banyak Bantu PALESTIN


Ismael HaniyahKeTUA pemerintah Palestin di Jalur Gaza, Ismail Haniyah, mengucapkan rasa terima kasihnya atas perjuangan Turki untuk mengangkat sekatan di Jalur Gaza yang telah berlangsung 8 tahun lamanya.

Ini disampaikan Haniyah dalam sidang media pada Rabu (16/04) setelah memeriksa sejumlah projek yang didanai oleh pemerintah Qatar. Dalam ucapannnya Haniyah mengatakan “Kami tidak akan lupa dengan perjuangan Turki di Palestin, dengan segenap usaha mereka berupaya untuk mengangkat sekatan di jalur Gaza melalui gerakan politik dan diplomatik dengan semua pihak.”

Haniyah menambahkan “Kami berterima kasih kepada Mesir untuk memfasilitasi masuknya bahan bangunan untuk pelaksanaan projek-projek ini , dan kami meminta mereka untuk terus membuka perbatasan Rafah secara berkala untuk memfasilitasi masuknya bahan makanan dan ubat-ubatan ke Jalur Gaza.”

Di akhir ucapannya Haniyah menyatakan atas nama ketua pemerintahan mengucapkan banyak terima kasih kepada Qatar atas sejumlah bantuan infrastruktur di wilayah Jalur Gaza. Menurut Haniyah “tidak perlu waktu lebih dari satu jam bagi Emir Hamad untuk membiayai projek pembangunan sebesar $ 400 juta dolar AS di Gaza.”

Perlu dicatat bahawa 9 warga Turki terbunuh dalam serangan kapal Mavi Marmara yang bertujuan untuk memecahkan sekatan terhadap Gaza pada 31 Mei 2010 lalu. (Rassd/Ram) sumber

No comments: