Wednesday, May 14, 2014

Tentera PERANCIS Kembali ke AFRIKA


French troops in Chad
Menteri Pertahanan Perancis Jean-Yves Le Drian mengumumkan bahawa negaranya telah memutuskan untuk mengatur kembali keberadaan tenteranya di wilayah Afrika, dalam rangka mengatasi apa yang disebut dengan “kelompok teroris yang mengancam semua negara Afrika”.

Setelah pertemuaannya dengan Presiden Mauritania, Muhammad Ould Abdul Aziz di Nouakchott, pada hari senin, Le Drian mengatakan,”Perancis sudah mulai mengatur kemali keberadaan militernya di empat kota strategik iaitu Gao (Mali), Ndjamena (Chad). Anyama (Niger) dan Ouagadugo (Burkina Faso).

Le Drian menunjukkan hubungan antara negaranya dan Mauritania dan menyatakan bahawa kerjasama antara kedua belah pihak sangat nyata dan sangat efektif di beberapa daerah,dan ia juga menyatakan telah membahas sejumlah isu dengan presiden Mauritania terkait dengan jantung Afrika dan khususnya situasi di Mali, menurut pejabat Anatolia.

Sebelumnya Le Drian pada Minggu lalu mengumuman untuk memilih ibukota Senegal Dakar sebagai “kutub Regional untuk kerjasama dengan Perancis, dan membentuk strategi kepemimpina dan mengatasi dan memerangi “terorisme: di wilayah Afrika. Hal tersebut ia nyatakan setelah pertemuannya dengan Presiden Senegal Macky Sall dan menteri pertahanan Senegal Augustin Tin. (hr/im) sumber

No comments: