Thursday, June 12, 2014

Serangan di Karachi, Pejuang UZBEKISTAN Mengaku


bandara karachiMilitan bersenjata Uzbekistan menyatakan bertanggung jawab atas serangan berdarah di lapangan tervang Karachi pada hari Ahad (08/06), yang mengorbankan sekurang-kurangnya 39 orang termasuk kelompok bersenjata.

Dalam pernyataan rasminya, Milisi Uzbek menyatakan bahawa serangan tersebut sebagai langkah balas dendam atas serangan udara yang mengorbankan kanak-kanak dan kaum wanita di wilayah kesukuan Pakistan bulan April lalu.

Tercatat milisi Uzbek kembali melancarkan serangan bersenjata di  Karachi hari Selasa (10/06)lalu, 2 hari setelah serangan pada hari Ahad.

Menurut keterangan Koresponden BBC Haaza Gilani di Islamabad mengatakan, “Gerakan Islam Uzbekistan adalah salah satu kelompok bersenjata terlatih dan berbasis di wilayah kesukuan Waziristan Utara.”

“Gerakan bersenjata ini memiliki hubungan kuat dengan al-Qaeda dan Taliban, serta bertanggung jawab atas serangan serupa di lapangan terbang Peshawar pada tahun 2012 lalu,” tambah Gilani.

Kekerasan bersenjata kembali menggoncang seluruh wilayah Pakistan pasca berhentinya perundingan damai antara pemerintah dengan kelompok Taliban yang dimulai bulan Mac lalu.

Sebelumnya Perdana Menteri Nawaz Sharif telah berjanji untuk mengadakan pembicaraan damai dengan Taliban Pakistan dalam kempen pemilihannya beberapa waktu lalu. (Bbcarabic/Ram) sumber

No comments: