Tuesday, August 12, 2014

SAUDI Beri Pingat Tertinggi kepada As-Sisi

Raja Abdullah Saudi menganugerahkanpingat kehormatan tertinggi kepada Presiden Abdul Fatah Al-Sisi di Kerajaan Saudi selama pertemuan mereka di Jeddah, Ahad (10/8/2014), sebagaimana disiarkan oleh MEMO. Kunjungan yang dilakukan oleh Al-Sisi merupakan yang pertama kalinya ke kerajaan itu sejak dia memangku jabatan sebagai presiden Mesir pada 8 Jun.

Sepanjang kunjukan tersebut, para pemimpin itu membahas tentang hubungan bilateral dan isu-isu yang menjadi perhatian bersama, khususnya perkembangan di Gaza, Anadolu Agency melaporkan. Kedua belah pihak diperkirakan akan membahas tentang persiapan untuk konferensi donor kepada Mesir, yang dijanjikan oleh Raja Saudi dan didukung oleh UAE. Setelah pemecatan Presiden Muhammad Mursi oleh militer pada Jul tahun lalu, negara-negara Teluk dengan segera memberikan dukungan kepada rejim baru itu, yang dipimpin oleh Al-Sisi.

Negara-negara teluk itu memberikan bantuan kepada Mesir sejak penggulingan Mursi dengan jumlah total $ 15.9 billion, yang meliputi $ 6.9 miliyar dari UEA, $ 5 billion dari Saudi, dan $ 4 billion dari Kuwait. Setelah kunjungannya ke Arab, Al-Sisi dijadualkan akan melakukan kunjungan singkat ke Rusia esok berdasarkan undangan dari Presiden Rusia Vladimir Putin. sumber

No comments: