Friday, September 12, 2014

Anggaran Kekuatan IS

Menurut seorang pegawai tinggi intelijen Iraq, IS memiliki lebih dari 27,600 mujahidin  yang  beroperasi di Iraq, diantaranya ada sekitar 2,600 berasal dari Mujahidin asing.

Sedangkan komposisi lainnya dari pihak pihak yang terlibat konflik , ada jumlah personil Militer Syiah Iraq dan polis diperkirakan lebih dari 1 juta orang . Tentera Syiah Assad  diperkirakan memiliki kekuatan 300,000 askar. Dan ada  lebih dari 100,000 mujahidin penentang Syria, termasuk di antaranya Jabhah Nusra yang terkait   al-Qaeda , dan ada  puluhan ribu pasukan Peshmerga Kurdish di Iraq.

Kelemahan terbesar Negara Islam satu satunya  adalah bahwa mereka tidak memiliki sarana  pertempuran kekuatan udara yang memadai , yang bererti bahwa serangan udara AS dapat dengan mudah  menghancurkan kemampuannya.

Namun, Mujahidin  Negara Islam telah mengumpulkan sejumlah besar senjata yang direbut  dari instalasi militer Iraq dan Syria dalam beberapa bulan terakhir.

Pegawai Iraq, yang menolak namanya untuk diidentifikasi kerana dia tidak berkuasa untuk menyampaikan kepada media, mengatakan kepada  Associated Press bahawa Negara Islam memiliki ribuan pucuk senapang  Kalashnikov, senapang mesin, senjata anti-pesawat dan mortar,  35 tank militer Iraq , 80 kenderaan berperisai dan ratusan Humvee.

Selain itu, Negara Islam setelah menguasai kota Raqqa di Syria, mereka juga  telah merebut beberapa peluru berpandu Scud.

Richard Brennan, ahli politik Irak di  RAND Corporation dan mantan pegawai Kementerian Pertahanan AS, mengatakan  Negara Islam telah menguasai  senjata artileri 155mm howitzer buatan AS yang sebelumnya diamanahkan kepada tentera Iraq . Dan juga menguasai  beberapa tank buatan Soviet. Mereka juga menyita beberapa senjata berat, termasuk senapang mesin kaliber 50.

Bahkan negara Islam juga  memiliki pesawat  MiG 21s yang direbut  ketika mereka berhasil menyerbu pangkalan udara tentera Syria di Tabqa bulan lalu.

Mujahidin Negara Islam juga telah menunjukkan kemampuan untuk mengoperasikan drone , seperti yang disiarkan dalam  video mujahidin  Negara Islam yang menduduki kota Fallujah.

“Mereka cukup signifikan dalam hal menambah kemampuan organisasi untuk mengebom sasaran sebelum mereka lakukan penyerangan,” ujar Richard. (Arby/Dz) sumber

No comments: