Wednesday, January 21, 2015

Tentera Syiah Berjaya Kuasai YAMAN


abdul malik al houthi

Selasa (20/01) milisi Syiah Houthi akhirnya berhasil mengkudeta pemerintahan rasmi Yaman, setelah satu hari sebelumnya mengepung istana presidenan Abed Rabbo Mansour Hadi dan terlibat dalam pertempuran sengit dengan pasukan pengawal presiden.

Dalam ucapan kemenangan pemimpin Syiah Houthi, Abdul Malik al Houthi, pada Selasa malam yang disiarkan langsung stesenn televisyen March mengatakan, “Presiden Abed Rabbo tidak serius untuk memberantas korupsi dan melaksanakan perjanjian damai yang telah disepakati sejak akhir tahun 2014 lalu. Dia adalah orang yang bertanggung jawab membawa negara menuju situasi ini.”

Abdul Malik al Houthi melanjutkan “Ada konspirasi yang dipimpin oleh para petinggi negara ini yang mensasarkan Yaman dan rakyatnya menuju kejatuhan politik, ekonomi, dan keamanan.”

Abdul Malik menambahkan “Sekarang yang diperlukan adalah mengerahkan langkah bersama menuju kesepakatan damai yang adil dan merata serta diakui oleh seluruh pihak dan kelompok, dan diakui oleh regional dan internasional.”

Orang no 1 di kelompok Syiah Houthi ini mendakwa Presiden Abed Rabbo melindungi korupsi yang menjadi salah satu tuntutan reformasi yang sebelumnya di ajukan kelompok Houthi Yaman.

Kudeta berakhir pasca milisi bersenjata berhasil menguasai istana presidenan dan berhasil menjarah gudang senjata yang berada di dalam kompleks istana, 2 orang pasukan pengawal presiden dilaporkn terbunuh dalam pertempuran tersebut.

Sebelumnya pada 21 September 2014 lalu milisi Syiah berhasil merebut ibu kota Sana’a, dalam protes bersenjata menutut berundurnya pemerintahan Abed Rabbo Mansour Hadi dan turunnya harga bbm, yang berakhir dengan kesepakatan damai antara pemerintah dengan kelompok Syiah Houthi yang diprakarsai oleh PBB. (Rassd/Ram) sumber

No comments: