Wednesday, April 29, 2015

INDONESIA Langsai Semua Hutang IMF US25 Billion pada 2006

1836

Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi)  soal Indonesia masih mempunyai hutang kepada International Monetary Fund (IMF) ditanggapi oleh Senior Residence Representative Indonesia IMF, Benedict Bingham.

 Dalam surat elektroniknya, Benedict mengatakan Indonesia memang sudah bebas dari hutang. Hutang terakhir Indonesia tercatat US$ 2.8 billion, dan sudah dibayar seluruhnya.

“Indonesia sudah tidak punya kewajiban pinjaman lagi ke IMF. Hal tersebut juga sesuai dengan rilis Bank Indonesia soal statistik lutang luar negara pemerintah,” ucap Benedict (29/4).

Hal senada juga diungkapkan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). JK menegaskan Indonesia tidak memiliki hutang lagi ke IMF. Semua hutang ke lembaga kewangan tersebut sudah dilunaskan pada 2006 saat dirinya menjadi Wakil Presiden di era Presiden SBY.

“Ya memang kalau hutang kita di IMF itu terjadi saat krisis 1998 sebesar US$ 25 billion. Nah itu memang jelas sudah kita lunasi pada 2006, saya sendiri waktu itu sebagai Wakil Presidennya,” ucap JK kepada wartawan, Rabu (29/4).(rz) sumber

No comments: