Friday, April 10, 2015

SYRIA - Assad Jatuhkan 8,000 Bom Sejak Januari

bom barel 1

Jaringan Observatorium Syria untuk Hak Asasi Manusia dalam laporan terbarunya pada hari Rabu (08/04) menyatakan sekurang-kurangnya 8 ribu bom dan rudal telah dijatuhkan oleh tentera Bashar Al Assad sejak awal Januari 2015 lalu.

Dalam laporannya Jaringan Observatorium menjelaskan bahawa sebanyak 425 bom barel dijatuhkan tentera Bashar Al Assad di Damsyik, Hama, Daraa, Latakia, Aleppo, Hasaka, Kenitra, Suwaida, Deir ez-Zor, Homs dan Idlib.

Sekurang-kurangnya 1,126 warga awam terbunuh, termasuk 231 kanak-kanak dan 718 laki-laki, serta sekitar 8 ribu warga awam lainnya terluka akibat bom barel yang dijatuhkan tentera pemerintah.

Sementara itu Jaringan Observatorium mencatat sedikitnya 304 pejuang revolusi dari berbagai faksi terbunuh akibat serangan udara tersebut.

Bom barel adalah sebuah bom berbentuk drum, di mana di dalamnya berisi bahan peledak dan projektil logam untuk meningkatkan kekuatan hancur destruktif yang biasa dijatuhkan melalui pesawat dan helikopter tempur pemerintah Syiah Syria.

Perlu diketahui bahwa setiap bom barel diperkirakan mempunyai berat sekitar setengah tan dan boleh menghancurkan wilayah seluas 250 meter persegi. (Dostor/Ram) sumber

No comments: