Friday, September 4, 2015

MESIR Akan Terus Import Gas dari Israel

Mesir tidak akan berhenti mengimpor gas dari "Israel" meskipun telah ditemukan ladang gas Zohr

Menteri Minyak Mesir, Sharif Ismail berupaya menepis kekhuatiran “Israel” bahawa Mesir akan menghentikan import gas dari “Israel” ke Mesir setelah ditemukannya ladang gas alam Zohr, seperti dilaporkan Reuters pada Khamis (3/9/2015).

Menurut laporan, penemuan ladang gas alam Zohr di lepas pantai Mesir tidak akan merosakkan perundingan sektor swasta terkait pembelian gas dari “Israel”. “Setiap perundingan antara perusahaan swasta di Mesir dan di Mediteranian timur dan ini berarti ‘Israel’ dan Cyprus, tidak akan berhenti,” ujar Ismail kepada Reuters.

Perusahaan energi Itali, Eni, mengumumkan pada Ahad (30/8) penemuan ladang gas alam Zogr. Hal ini diharapkan menjadi penemuan terbesar di dunia. Penemuan tersebut menimbulkan kekuatiran “Israel” bahwa mereka akan kehilangan kesepakatan untuk memasukkan gas ke gas alam cair (LNG) di Mesir.

Tercipta sentimen di pasaran saham “Israel” di mana perusahaan-perusahaan energi terkemuka pada Isnin (31/8) mengalami kerugian lebih dari 4.5 billion shekel setelah berita penemuan di Zohr.  sumber

No comments: