Wednesday, February 3, 2016

Awan Raksasa Menuju Galaksi Bima Sakti

Awan-raksasa-681x454

Sebuah awan raksasa terlihat dalam perjalanan menuju Galaksi Bima Sakti dengan kecepatan 700 ribu mil per jam. Menurut kiraan para astronom, warga dunia tak perlu panik kerana awan tersebut akan tiba dalam amsa sekitar 30 juta tahun lagi.

Astronom melalui Teleskop Luar Angkasa Hubble menjelaskan, kemungkinan awan antariksa yang menuju Galaksi Bima Sakti, akan menjadi malapetaka bagi umat manusia.

Astronom memprediksi akan ada pembentukan ‘bintang spektakular’, yang mungkin menyediakan gas yang cukup untuk membentuk dua Matahari atau bahkan lebih.

Dikatakan oleh Andrew Fox dari Space Telescope Science Institute di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, awan tersebut merupakan bukti bahawa bagaimana Galaksi kita akan berubah.

“Awan ini adalah contoh bagaimana Galaksi berubah seiring waktu. Ia (awan) itu memberikan informasi kepada kita bahawa Bima Sakti ‘menggelegak’, menuju tempat yang sangat aktif di mana gas dapat dilempar keluar dari salah satu bahagian dari ‘disk’ dan kemudian kembali ke dalam dengan yang lain,” katanya, demikian menurut HufftingPost.

Sementara itu, Mahasiswa Doktoral Astronomi, Gail Smith, menemukan awan ‘Smith Cloud’ pada 1960 lalu. Para peneliti percaya bahawa panjangnya 11 ribu tahun cahaya dan lebarnya 2.500 tahun cahaya. Fox bersama pasukannya baru menggunakan Teleskop Luar Angkasa Hubble untuk belajar tentang komposisi kimia awan tersebut dan asal-usulnya.

Ahli astronomi lebih lanjut mengungkapkan, bagaimana awan tersebut terlempar dari jalur Bima Sakti sejak awal dan apa yang telah membuatnya akan kembali (bersatu) masih belum diketahui. Hanya penelitian lebih lanjut akan menginformasikan kebenarannya.(ts/aktual) sumber

No comments: