Thursday, February 25, 2016

Kubur Muslim Tertua di Eropah Ditemui

nimes burial

Pasukan arkeologi yang bekerja di Perancis menemukan tiga kuburan yang diyakini mewakili penguburan Muslim tertua yang pernah ditemukan di Eropah.

Kuburan-kuburan yang terletak di kawasan Nîmes tersebut diperkirakan telah ada sejak abad kelapan lalu.

Kuburan itu pertama kali ditemukan pada tahun 2006 lalu di dekat jalan utama di Nîmes ketika buruh bangunan tengah menggali untuk membuat tempat meletak kereta bawah tanah.

Dalam tiga kuburan itu ditemukan satu kerangka jasad yang diduga meninggal saat usia 20-an, satu kerangka jasad usia 30an dan 50-an. Pada kerangka-kerangka itu tidak ditemukan adanya kesan cedera dalam pertempuran.

Dalam penelitian yang disiarkan di jurnal Plos One itu, ditemukan bahawa kerangka-kerangka dalam kuburan itu dikubur dengan menghadap ke arah Mekah, sesuai dengan upacara pemakaman Muslim tradisional.

muslim-burial-site-nimes

Setelah dilakukan analisis genetik, ditemukan bahawa garis keturunan ayah kerangka-kerangka itu adalah dari Afrika Utara.

Selanjutnya dalam penanggalan radiokarbon menunjukkan tulang kerangka kemungkinan berasal dari abad ketujuh hingga abad kesembilan. Hal itu sekaligus menunjukkan bahawa rangka-rangka itu kemungkinan berasal dari penaklukan Muslim di kawasan Eropah yang terjadi pada zaman tersebut.

“Mengingat semua data tersebut, kami mengusulkan bahawa rangka dari perkuburan Nîmes milik Berber diintegrasikan ke dalam tentera Umayyah selama ekspansi Arab di Afrika Utara,” katakajian tersebut seperti yang dimuatkan dalam The Guardian (Khamis, 25/2).

“Kami tahu bahwa umat Islam datang ke Perancis pada abad kelapan tapi sampai sekarang kami tidak memiliki bukti material perjalanan mereka,” kata seorang antropolog dari National Institute Perancis yang turut ambil bahagian dalam penelitian tersebut, Yves Gleize.

Sebelumnya pernah ditemukan kuburan Muslim tua di kawasan Marseille. Namun kuburan tersebut dipercayai berasal dari abad ke-13. Kuburan Muslim lainnya juga pernah ditemukan di Montpellier yang diperkirakan berasal dari abad ke-12.

Dengan demikian, penemuan terbaru menunjukkan bahawa kuburan Muslim tertua yang pernah ditemukan hingga saat ini berada di Nîmes.(ts/rmol) sumber

No comments: