Friday, December 9, 2016

AS Jual Senjata kepada Saudi, UAE, QATAR dan MOROCCO

Pemerintah Presiden Barack Obama lagi berhasil menjual senjata dan peralatan militer bernilai 7 billion dollar AS kepada 4 negara Arab, di tengah-tengah memanasnya situasi di Dunia Arab akibat konflik Syria, Iraq dan Yaman.

Pembeliani tu meliputi penyediaan helikopter militer, pesawat dan rudal untuk empat negara Arab yang menjadi sekutu pemerintah, ujar Kementerian Luar Negeri AS dalam keterangannya hari Khamis (8/12).

Berikut info keempat negara Arab tersebut dengan jumlah pembeliannya:

1. Ditempat pertama ada Arab Saudi dengan pembelian senjata mencapai angka 3.51 billion dollar AS untuk membeli 48 helikopter tempur angkut Boeing CH-47 Chinook lengkap dengan persenjataan dan mesin cadangannya.

Perusahaan “Boeing” dan “Honeywell Aerospace” sebagai pemenang tender akan membuat heli-heli tersebut di Arab Saudi berkerjasama dengan pihak swasta.

2. Ditempat kedua ada Uni Emirat Arab dengan total pembelian mencapai 3.5 billion dolar AS untuk 27 helikopter serang Apache IH-64A produksi “Boeing” dan “Lockheed Martin” lengkap dengan persenjataan dan peralatan pendukung.

3. Ditempat ketiga ada Qatar dengan pesanan 8 pesawat delapan kargo Model “C-17” serta mesin cadangan dengan nilai kontrak pembelian mencapai 781 juta dolar AS.

4. Sedangkan Morocco berada di urutan keempat dengan nilai pembelian mencapai 108 juta dolar AS untuk 1.200 rudal anti-tank TOW 2A yang diproduksi oleh perusahaan Amerika “Raytheon”. (Arabicsputnik/Ram) sumber

No comments: